RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan: SD Negeri Sidowangi
Kelas / Semester                       :  III / I
Mata Pelajaran                       :  Matematika
Alokasi Waktu                       : 2 x 35menit

A. Standar Kompetensi (SK)  :
2.      Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan alat berat dalam pemecahan masalah

B.Kompetensi Dasar (KP)    : 
2.1.    Memilih alat ukur sesuai fungsinya (meteran, timbanganatau jam)

C. Indikator
1.       Nama alat ukur panjang
2.      Menjelaskan fungsi / guna alat ukur panjang
3.      Mengukur benda yang ada di kelas
4.       Satuan ukuran panjang cm dan m

D.  Tujuan Pembelajaran
      Setelah mengikuti pembelajaran siswa diharapkan dapat :
1.       Menyebutkan nama alat ukur panjang dengan benar
2.       Siswa mampu menjelaskan fungsi / guna alat ukur panjang dengan benar
3.      Siswa dapat mengukur benda yang ada di kelas
4.      Siswa dapat memahami satuan ukuran panjang cm dan m

E.Materi Pembelajaran  
     Pengukuran ( satuan panjang )

F. Metode Pembelajaran dan Media
a.       Metode Pembelajaran
        demontrasi
        Ceramah
        Diskus
        Pelatihan
        Tugas


b.       Media
        roll meter / meteransaku
        METERAN kemudian
        Penguasa

G. Sumber Bahan
        Buku Matematika Cerdas Berhitung Kelas 3 (Nur Fajariyah, Defi Tri Ratnawati)

H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Tidak
Nama Kegiatan
Diskripsi
Waktu
1
Acara Depan







a.   Apersepsi
1.   Guru mengucapkan salam pembuka
2.   Guru danmurid Tanya jawab tentang pelajaran yang sudah dilaksanakan kemaren

b.   Orientasi
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan

c.   Motivasi
4. Guru Tanya jawab supaya siswa menfokuskan pada pembelajaran yang akan dilaksanakan

5 menit
2
KegiatanInti
a.   Eksplorasi




b.   Elaborasi


c.   Konfirmasi

1.  Guru membagi kelompok
2.  Guru membagitek smateri
3.  Guru melakukan Tanya jawab tentang alat ukur panjang yang digunakan sehari-hari

4. Guru menjelaskan cara membaca hasil ukur pada alat ukur panjang

5.       Guru member kesempatan pada siswa untuk bertanya tentang hal yang belumjelas
6.      Guru dan murid Tanya jawab meluruskan kesalah pahaman, dan menyimpulkan .

50 menit
3
Kegiatan Akhir
1.       Siswa me rangkum dengan bimbingan guru
2.      Guru mengadakan evaluasi
3.       Guru member tugas dirumah
4.      Guru menutup pelajaran
15 menit

I. Penilaian
Prosedur penilaian
a.        Penilaian proses
Menggunakan format pengamatan yang dilakukan dalam kegiatan awal sampai akhir (terlampir)

b.      Penilaianhasil belajar (terlampir)
        Menggunakan :  tes tertulis
        Bentuktes         : esai

                                                                                                Sidowangi, 21 Oktober 2014
          Mengetahui
            SDN Sidowangi                                             Guru Kelas III



            Muh.Makmuri, S.Pd                                                    Marini, S.Pd
            NIP.   197010271993081001                                       NIP.   1961107142000122001


SOAL EVALUASI
1.      Sebutkan 3 nama alat ukur panjang !
2.      Jelaskan apa gunanya meteran pita itu !
3.      Ukurlah  berapa centi panjang bukumu ?
4.      Apa gunanya rol meter itu ?
5.      Tuliskan 2 macam satuan panjang !

*) Penilaian Hasil Belajar
                 Nilai  = Jumlah Benar x 100
                                                  5
 

 

KUNCI JAWABAN
1.      Penggaris,
Rol meter / METERAN saku
METERAN kemudian
2.       Untuk mengukur panjang kain
3.      Sesuai yang diukur / menyesuaikan yang diukur
4.      Untuk mengukur kayu dan bangunan
5.       cm, m


KRITERIA PENILAIAN HASIL DISKUSI
KRITERIA
SEPATU
Betul semua
4
Sebagian besar benar
3
Sebagian kecil benar
2
Salah semua
1


FORMAT PENILAIAN PROSES
ASPEK
KRITERIA
SEPATU
Praktik pengukuran
Aktif
4
Kurang aktif
2
Regular tidak Aktif
1
Sikap
Sikap
4
Kurang sikap
2
Tidak sikap
1


LEMBAR PENILAIAN
NO
NAMA ANAK
KRITERIA
HASIL DISKUSI
JUMLAH SKOR
NILAI
PENGETAHUAN
SIKAP

1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.

FERIS RADITYA
LUKMAN EKA Setiabudi
ABDURROHMAN
ACHMAD ROZAQI
ADITYA SAPUTRA
INDAH HARI LESTARI
IRMAWATI
Keisha Najwa OKTAVIA
MUHAMMAD ABBAT AFREZA
Posisi KAUTAMAN
RIFKI BAYU SAFAAT






Nilai = ( jumlah skor : skor maksimal ) x 10  atau jumlah skor       x 10
                                                                               Skor paling banyak



No comments:

Post a Comment