RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan: SD Negeri Sidowangi
Kelas / Semester : III / I
Mata Pelajaran : Matematika
Alokasi Waktu : 2 x 35menit
A.
Standar Kompetensi (SK) :
2.
Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan alat berat dalam pemecahan masalah
B.Kompetensi Dasar (KP) :
2.1. Memilih alat ukur sesuai fungsinya (meteran, timbanganatau jam)
C. Indikator
1.
Nama alat ukur panjang
2.
Menjelaskan fungsi / guna alat ukur panjang
3.
Mengukur benda yang ada di kelas
4.
Satuan ukuran panjang cm dan m
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran siswa diharapkan dapat :
1.
Menyebutkan nama alat ukur panjang dengan benar
2.
Siswa mampu menjelaskan fungsi / guna alat ukur panjang dengan benar
3.
Siswa dapat mengukur benda yang ada di kelas
4.
Siswa dapat memahami satuan ukuran panjang cm dan m
E.Materi Pembelajaran
─ Pengukuran ( satuan panjang )
F.
Metode Pembelajaran dan Media
a.
Metode Pembelajaran
─
demontrasi
─
Ceramah
─
Diskus
─
Pelatihan
─
Tugas
b.
Media
─
roll meter / meteransaku
─
METERAN kemudian
─
Penguasa
G. Sumber Bahan
─
Buku Matematika Cerdas Berhitung Kelas 3
(Nur Fajariyah,
Defi Tri Ratnawati)
H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Tidak
|
Nama Kegiatan
|
Diskripsi
|
Waktu
|
1
|
Acara Depan
|
a. Apersepsi
1. Guru mengucapkan salam pembuka
2. Guru danmurid Tanya jawab tentang pelajaran yang sudah dilaksanakan kemaren
b. Orientasi
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan
c. Motivasi
4. Guru Tanya jawab supaya siswa menfokuskan pada pembelajaran yang akan dilaksanakan
|
5 menit
|
2
|
KegiatanInti
a.
Eksplorasi
b.
Elaborasi
c.
Konfirmasi
|
1. Guru
membagi kelompok
2. Guru
membagitek smateri
3. Guru
melakukan Tanya jawab tentang alat ukur panjang yang digunakan sehari-hari
4. Guru menjelaskan cara membaca hasil ukur pada alat ukur panjang
5.
Guru member kesempatan pada siswa untuk bertanya tentang hal yang belumjelas
6. Guru dan murid Tanya jawab meluruskan kesalah pahaman, dan menyimpulkan .
|
50 menit
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1.
Siswa me rangkum dengan bimbingan guru
2.
Guru mengadakan evaluasi
3.
Guru member tugas dirumah
4.
Guru menutup pelajaran
|
15 menit
|
I. Penilaian
Prosedur penilaian
a. Penilaian proses
Menggunakan format pengamatan yang
dilakukan dalam kegiatan awal sampai akhir (terlampir)
b. Penilaianhasil belajar (terlampir)
─
Menggunakan : tes tertulis
─
Bentuktes : esai
Sidowangi, 21 Oktober 2014
Mengetahui
Muh.Makmuri, S.Pd Marini, S.Pd
NIP.
197010271993081001 NIP. 1961107142000122001
SOAL EVALUASI
1. Sebutkan
3 nama alat ukur panjang !
2. Jelaskan apa gunanya meteran pita itu !
3. Ukurlah
berapa centi panjang bukumu ?
4. Apa gunanya rol meter itu ?
5. Tuliskan
2 macam satuan panjang !
*) Penilaian Hasil Belajar
|
KUNCI JAWABAN
1. Penggaris,
Rol meter / METERAN saku
METERAN kemudian
2. Untuk mengukur panjang kain
3.
Sesuai
yang diukur / menyesuaikan yang diukur
4. Untuk mengukur kayu dan bangunan
5. cm, m
KRITERIA PENILAIAN HASIL DISKUSI
KRITERIA
|
SEPATU
|
Betul semua
|
4
|
Sebagian besar benar
|
3
|
Sebagian kecil benar
|
2
|
Salah semua
|
1
|
FORMAT PENILAIAN PROSES
ASPEK
|
KRITERIA
|
SEPATU
|
Praktik pengukuran
|
Aktif
|
4
|
Kurang aktif
|
2
|
|
Regular tidak Aktif
|
1
|
|
Sikap
|
Sikap
|
4
|
Kurang sikap
|
2
|
|
Tidak sikap
|
1
|
LEMBAR PENILAIAN
NO
|
NAMA ANAK
|
KRITERIA
|
HASIL DISKUSI
|
JUMLAH SKOR
|
NILAI
|
|
PENGETAHUAN
|
SIKAP
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
|
FERIS RADITYA
LUKMAN EKA Setiabudi
ABDURROHMAN
ACHMAD ROZAQI
ADITYA SAPUTRA
INDAH HARI LESTARI
IRMAWATI
Keisha Najwa OKTAVIA
MUHAMMAD ABBAT AFREZA
Posisi KAUTAMAN
RIFKI BAYU SAFAAT
|
|
|
|
|
|
Nilai
= ( jumlah skor : skor maksimal
) x 10 atau jumlah skor x 10
Skor paling banyak
No comments:
Post a Comment